Budaya keselamatan lalu lintas dapat menggambarkan budaya buruk dan sadar berlalu lintas. Kebaikan dan keburukan dalam budaya keselamatan dalam kegiatan bertransportasi dapat dilakukan oleh orang-orang dewasa dan diturunkan secara sadar atau tidak sadar kepada anak-anaknya. Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) tahun 2020-2040 pada pilar ke-4 mempunyai target pengguna jalan yang berkeselamat…
Buku ini akan menjelaskan bagaimana keselamatan lalu lintas sebagai gerak kendaraan dan orang di ruang lalu lintas jalan. Pendidikan sejak dini mengenai pentingnya keselamatan di jalan merupakan cara untuk membentuk pola pikir dan karakter pada anak-anak dalam rangka membentuk persepsi dan paradigma masyarakat tentang keselamatan jalan. Pendidikan karakter dapat dijadikan acuan untuk membuat de…
Remaja adalah individu yang berada pada masa peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa, ditandai dengan perkembangan yang sangat cepat dari aspek fisik, psikis dan sosial. Masa remaja dikatakan juga dengan masa kritis identitas dimana identitas diri yang dicari remaja berusaha untuk menjelaskan siapa dirinya dan peran apa dalam masyarakat, sehingga dalam pada remaja ini diperlukan penguatan n…
Pra remaja adalah usia diantara 13 sampai 15 tahun yang merupakan peralihan dari masa anak- anak menuju tahapan sebelum dewasa. Anak-anak usia pra remaja mulai banyak melakukan aktifitas di luar rumah, mereka terpapar dengan risiko dan bahaya selama di perjalanan. Selain itu, pengaruh teman bermain (peer group) sangat besar sekali, terutama untuk hal-hal yang tidak baik. Dalam berlalu lintas, …
Pada tahap perkembangan anak usia 10 – 12 tahun, masa ini disebut juga dengan masa anak-anak akhir ( late childhood ). Setiap anak akan memiliki ciri-ciri yang berbeda sejalan dengan perkembangan individu tersebut, biasanya late childhood ini umumnya berada di kelas 4 sampai dengan kelas 6. Anak-anak tersebut sudah memasuki tahapan perkembangan fisik tertentu, faktor lingkungan juga akan memp…
Tahap perkembangan yang dialami anak di usia 7 - 9 tahun yang termasuk anak-anak tengah ( midle childhood ) adalah perkembangan fisik, emosi, sosial, kognitif, bahasa, dan berbicara. Setiap bertambahnya usia anak, perkembangan yang dialami pun berbeda-beda. Usia 7 – 9 tahun adalah usia anak sekolah dasar pertama, umumnya adalah anak kelas 1 sampai dengan kelas 3, dimasa ini ditandai pula deng…
Pembelajaran berlalu lintas merupakan bagian dari proses Pendidikan dalam kehidupan manusia yang dapat dilakukan sejak usia dini. Proses pendidikan tersebut akan melekat pada daya serap anak usia dini membentuk sistim ingatan jangka panjang (long term memory). Upaya proses penyadaran sebagai bagian integral dari pembentukan karakter sadar berlalu lintas menjadi suatu kebijakan yang sangat baik …
Pembelajaran berlalu lintas merupakan bagian dari proses Pendidikan dalam kehidupan manusia yang dapat dilakukan sejak usia dini. Proses pendidikan tersebut akan melekat pada daya serap anak usia dini membentuk sistim ingatan jangka panjang (long term memory). Upaya proses penyadaran sebagai bagian integral dari pembentukan karakter sadar berlalu lintas menjadi suatu kebijakan yang sangat baik …